Kegiatan ALJEBI Rakornas

Rapat Kerja Nasional ALJEBI, Politeknik YKPN, 10 Februari 2022

Pada tanggal 10 Februari 2022, Aliansi Pengelola Jurnal Berintegritas Indonesia (ALJEBI) mengadakan Rapat Kerja Nasional, bekerja sama dengan Politeknik YKPN Yogyakarta. Kegiatan ini diadakan secara hybrid (daring dan luring).

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Direktur Politeknik YKPN, Drs. Sururi, M.B.A., Ak., C.A., sebagai tuan rumah. Hadir pula pada acara ini, Guru Besar pertama Politeknik YKPN, Prof. Dr. Drs. Krismiaji, M.Sc., Ak., C.A.

Pembacaan SK pengurus disampaikan oleh Bapak Supardi SE., M.Sc. yang juga menjabat sebagai Kapus. Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M). Pengurus menerima langsung SK Pengurus dari Ketua Umum ALJEBI, Bapak Dr. Aji Dedi Mulawarman. Pada kesempatan ini para pengurus menyempatkan diri untuk berfoto bersama dengan Bapak Yoga Dwi Arianda dan Direktur Politeknik YKPN.

Sebagaimana tradisi ALJEBI, pelatihan-pelatihan ALJEBI selalu diisi dengan upgrading pengetahuan pengelola jurnal. Kali ini ALJEBI menghadirkan Bapak Yoga Dwi Arianda, dari Kemendikbud Ristek, dan Bapak Prof. Kuswanto, Ketua Umum HEBII (Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia). Bapak Yoga menjelaskan bahwa instrumen akreditasi 2021 mengakomodasi keinginan agar jurnal-jurnal Indonesia berkualifikasi internasional, sehingga ada beberapa poin akreditasi yang menyaratkan keterlibatan mitra bestari dan penulis luar negeri. Hal ini tidak berarti bahwa perolehan SINTA 2 tidak mungkin dilakukan. Pengelola dapat memperbaiki poin akreditasi lain. Bapak Kuswanto menyampaikan peran editor sangat penting mulai dari pemilihan mitra bestari, memastikan keberkalaan jurnal, indeksasi dan lain-lain.

Sesi kedua diisi dengan mentoring dan pendampingan dari Pusat Pelatihan ALJEBI (PUSPA), khususnya seksi akreditasi jurnal Bapak Yulius, Bapak Jordan, Ibu Tita, dan Ibu Aisyah Vanadia. 

Berikut galeri foto kegiatan:

Berikut materi yang dapat diunduh dari para narasumber:

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *