Aljebi Gelar Serangkaian Pelatihan Bagi Pengelola Jurnal

Diterbitkan oleh Admin, 03 October 2015

Selama hampir tiga hari (30 September – 2 Oktober 2015), Aljebi (aliansi pengelola jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia) menggelar serangkaian pelatihan bagi pengelola jurnal. Diawali dengan agenda rapat koordinasi nasional (rakornas) II yang membahas sejumlah topik pengembangan organisasi, acara yang dihelat di UTC (Ubaya Training Center) Trawas Mojokerto ini dilanjutkan dengan sosialisasi website aljebi dan mekanisme lelang artikel.

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan pelatihan tentang indeksasi jurnal (DOAJ & Scopus), pendaftaran dan pengelolaan DOI, serta aplikasi software sitasi Mendeley. “Yang tidak kalah menarik dari rangkaian kegiatan kita kali ini adalah, kita akan membedah instrumen akreditasi jurnal 2014 yang efektif berlaku mulai tahun 2016”, kata Aji Dedi, ketua presidium Aljebi.

Lebih lanjut Aji menyatakan bahwa sebagai tanggung jawab moral dari Aljebi, para pengelola jurnal yang telah terakreditasi dengan senang hati bersedia untuk mendampingi proses akreditasi seluruh jurnal yang telah tergabung dalam aliansi. “Ini salah satu yang menarik untuk bergabung dengan Aljebi”, tutur dosen pengelola jurnal Akuntansi Multiparadigma (Jamal) UB ini.

Pada hari terakhir, sebelum acara penutupan, didiskusikan software sitasi yang lain, yaitu EndNote. “Biar para pengelola jurnal memiliki pilihan untuk menggunakan software sitasi yang ada, jadi kita kasih Mendeley dan EndNote. Nanti, bisa saja kita juga kenalkan Zotero dan RefWork”, kata Ari Kamayanti, bendahara presidium Aljebi.

Ketua panitia, Ihyaul Ulum, menyatakan bahwa pelatihan ini gratis bagi satu orang perwakilan jurnal yang telah bergabung dengan Aljebi. “Komitmen Aljebi adalah bersama berintegritas seperti dituangkan dalam tagline Aljebi. Setiap tahun, kita mengagendakan minimal dua kali pelatihan. Khusus pelatihan kali ini, anggota Aljebi gratis. Namun pelatihan-pelatihan berikutnya kita kasih diskon hingga 50%”, ungkat pengelola jurnal reviu akuntansi dan keuangan (JRAK) UMM ini.